Facebook Badge

Monday, April 7, 2014

HATTIN 1187 ( Daffa Aldianto Yuwono )

                                                             HATTIN 1187
           
               

Salah ad-din yusuf ibn ayyub,atau saladin ,tapi itu bukan nama ku ,itu tokoh islam yang  menaklukan yerussalem. Kalau nama ku sih aton,alias daniel kenton aku mempelajari sejarah jadi aku tahu saladin dll.
            Saat pulang dari sekolah aku tiduran di kasur. Saat baru memejamkan mata, aku mendengar suara kuda, jadi aku langsung  bangun,`ternyata aku ada di gurun pasir lalu ada seseorang naik kuda dengan pasukannya menghampiriku. Anehnya dia bertanya pakai bahasa indonesia,”siapa namamu?”,aku menjawab,”aton, namamu siapa?”,dia jawab,”saladin”,aku langsung kaget mendengarnya.
aku di bawa ke camp nya dia.Ternyata  mereka mempersiapkan perang karena saladin menyatakan perang,aku diberi perlengkapan perang dan saladin berkata,”ikutkah perang bersama kami”,lalu aku masuk ke perjurit yang akan melakukan pengintaian,saladin ternyata mengumpulkan pasukan dari seluruh kemaharajaannya  seperti:syria utara,allepo,damaskus dan mesir. Gerakan pertamanrya pada mei 1187 adalah mengirim empat amirnya (panglima) serta 6.500 prajurit untuk melakukan pengintaian  yang di dalamnya ada aku. Tanpa disengaja, grand master ksatria perwat dan bait allah   berada di daerah tersebut untuk menyelesaikan perselisihan antara count raymond dari tripoli,yang telah merundingkan gencatan senjata awal,dengan raja guy dari yerussalem kedua grand master tersebut hanya diiringi sedikit prajurit, mereka berangkat dengan 150 ksatria dan 350 prajurit untuk menyergap pasukan muslim.mereka menemukan musuh sedang memberi minum kuda di sumur cresson, tidaklah mengejutkan kalau hampir semua ksatria ditumpas-mereka kalah dengan jumlah dengan perbandingan 40:1. Hanya grand master bait allah,gerard de ridefort,dan dua rekannya yang berhasil lolos. Misi pengintaian muslim tetap dilakukan,melewati tiberias di danau galilea ,untuk menghancurkan pasukan kristen di nazaret.
            Pasukan yang berhadapan muslim (perkiraan) askari= 12.000, turkoman dan kavaleri lain= 26.000.infantri=12.000,total=50.000 sedangkan pihak kristen (diperkirakan)ksatria ordo=120,ksatria feudal =700,tentara bayaran=4.000,turcopole= 4.000,infantri= 32.000,                total= 38.200,tapi ada suatu keanehan  tiba –tiba aku jatuh saat menginjak daun dan jatuhnya seperti jatuh ke jurang,lalu aku melihat cahaya dan aku masuk ke cahaya itu dan,”huah”,aku pun terbangun dari tidur dalam posisi di lantai ,lalu aku menghela nafas dan berkata,”untung hanya mimpi”,.Pertempuran hattin dimenangkan oleh umat muslim. grand master bait allah adalah ksatria kristen.Di situ orang yang merusak gencatan senjata ,reynald de cahatilon dan seluruh ksatria bait allah dieksekusi oleh saladin
  
                    

No comments:

Post a Comment